Riset di Universitas Massachusetts menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus apel dapat melindungi kita dari kerusakan sel otak – penyebab kehilangan memori karena factor usia, dan tes terhadap hewan menunjukkan kecenderungan menjadi Alzheimer’s dan demensia.
Studi ini menyarankan bahwa memakan atau meminum jus apel dapat melindungi otak dari efek stress oksidatif – dan memang seharusnya kita memakannya sebagai makanan kaya antioksidan. Penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer’s Disease.
Hasil uji coba pada tikus menunjukkan bahwa tikus yang diberi makanan rendah nutrisi (nutrient-deficient diet) yang ditambah konsentrat jus apel dalam air minumnya secara signifikan memiliki kerusakan otak oksidatif yang lebih rendah dibandingkan tikus yang diberi makanan dengan nutrient di dalamnya (standard diet).
Suplemen jus apel ternyata melindungi tikus dari stress oksidatif yang disebabkan oleh pemberian makanan rendah nutrisi (nutrient – deficient diet) . Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa tikus yang diberi 2-3 cangkir jus apel atau sebanding dengan 2-4 apel per hari cenderung memiliki mental yang lebih kuat. Para peneliti mempercayai bahwa efek ini disebabkan oleh pengaruh antioksidan yang tinggi pada apel. Hal ini didukung oleh penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa bukan gula atau energi dari jus apel yang menyebabkan efek positif ini melainkan karena adanya zat anti oksidan di dalam apel.
Sunday, November 25, 2007
Subscribe to:
Post Comments (Atom)












0 comments:
Post a Comment